Buah Manis Pengrajin Industri Seni Kerajinan Fiberglass Bali

Bali memiliki seni kerajinan patung yang tidak bisa dipandang sebelah mata, berbagai hasil kerajinan seni ukir tumbuh dan berkembang dengan baik, apalagi dengan faktor kebutuhan masyarakat semakin meninggi,  salah satunya yang diminati adalah seni ukir kayu, hampir setiap desa dan wilayah di Bali memiliki hasil kerajianan ini.

Kali ini sebuah Cenderamata atau piala, sebagai tanda sang pemenang juga menjadi ladang rejeki bagi pelaku Industri Seni Kerajinan di Bali. Karena dengan keterampilan seni pahat-memahat, pengrajin Bali juga biasa mengkreasi “piala” ala pengrajin, yang unik dan khas.

Seperti yang dilakoni I Wayan Siteng, pengrajin asal Banjar Peninjoan, Desa Batuan Kecamatan Sukawati, Gianyar. Mengingat kayu semakin langka, sehingga harganya juga kian mahal, Siteng memilih fiberglass untuk berkreasi merancang piala juara. Bahan yang berupa fiberglass, ia mengaku mendatangkan langsung dari Pulau Jawa. Kalau dari kayu jelas harganya lebih mahal Siteng menuturkan dari bengkel kerjanya di jalan raya Batubulan Kangin-Guwang, Sukawati ditemani  para karyawannya.

Dengan bahan fiberglass, harga piala jadi berukir jadi lebih murah, namun tetap dengan kualitas garapan tak kalah bagusnya. Siteng menjelaskan kalau Master untuk cetakannya tetap terbuat dari kayu. Karena garapannya yang bagus, piala fiber buatan Siteng, banyak dicari orang atau penyelenggara maupun panitia even-even kejuaraan. Seperti untuk piala lomba layang-layang, piala kejuaraan olahraga semisalnya liga voli, hingga piala untuk kegiatan sekaa teruna.

“Ya, tetaplah ada pesanan, walau  tidak untung besar,” ungkap Siteng yang telah 5 tahun mengawali bisnis membuat piala fiber glass. Yang jelas ada pekerjaan untuk dapat penghasilan, katanya.

Disinggung terkait kendala, mengakui proses pengerjaan dengan menggunakan fiberglass tersebut terkendala jika musim hujan tiba. Karena ada proses pengecatan menjadi terhambat. Sebab jika tidak dapat sinar matahari yang luamayan terik, cat tersebut menjadi tidak bagus hasilnya. Terlebih juga bahannya berasal dari fiberglass yang sejenis plastik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *