Tips Menjalankan Bisnis Kost-kostan, Peluang Usaha Menguntungkan

Ada banyak bisnis yang dapat dijalankan khusunya di sektor properti. Mulai dari tanah, rumah, pertokoan, hotel, dan sebagainya. Namun yang saat sedang populer adalah menjalankan bisnis kost-kostan. Asalannya cukup simple, saat ini banyak orang yang merantau ke suatu daerah untuk menempuh pendidikan tinggi atau bekerja.

Mereka yang merantau tentu membutuhkan tempat tinggal, dan salah satu yang banyak di pilih adalah tinggal di kost-kostan. Dengan peluang yang ada membuat kost-kostan cukup menjanjikan terlebih jika Anda memiliki properti di sekitar kampus. Namun meski terlihat menarik dan menguntungkan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin memilai bisnis kost-kostan adalah menentukan lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis untuk dijadikan kost-kostan. Lokasi yang strategis tentu akan menentukan kelancaran ramai tidaknya kost yang Anda miliki. Selain kawasan kampus, kost yang banyak dipilih adalah yang dekat dengan pelayanan publik dan tidak jauh sarana transportasi.

Untuk memulai binis kost-kostan, Anda juga harus memperhatikan fasilitas kost yang tersedia. Fasilitas yang dibutuhkan dalam kost biasanya adalah dapur umum, wifi, serta kamar mandi yang bersih. Selain itu, faktor kenyamanan juga penting agar kost yang Anda miliki banyak diminati orang.

Tips selanjutnya menentukan harga yang kompetitif. Sebenarnya untuk menentukan harga dapat disesuaikan dengan fasilitas kost itu sendiri. Sebagai contoh jika kost yang tersedia terdiri dari berbagai jenis kamar dan fasilitas tentu harga akan berbeda. Kamar dengan kamar mandi dalam dan berisi fasilitas AC tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan kamar tanpa AC.

Bisnis kost-kostan pada umumnya hanya menyediakan kamar dengan fasilitas seperti tv, kamar mandi dalam, dan AC. Namun jika Anda lebih inovatis, Anda dapat mencoba untuk memberikan fasilitas laundry, cleaning serviice, atau lainnya yang memudahkan para penghuni kost tidak perlu keluar jika ngin laundry atau malas untuk membersihkan kost sendiri.

Selain fasilitas lengkap, faktor keamanan juga perlu diperhatikan. Tentu Anda butuh satu atau dua orang untuk menjaga kost. Bisa diibaratkan sebagai satpam untuk menjaga kenyamanan para penghuni kost.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *