Besarnya Minat Investor Asing Untuk Masuk Ke Indonesia di Investment Day

Bank Indonesia (BI) yang bekerja sama dengan kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Indonesia Investment Promotion Center (IIPC).

Acara investment day Indonesia di Marina Bay Sands yang digelar oleh Atase Perdagangan dan Atase keuangan yang tergabung dalam Global {Pemodal|Pemberi|Modal} Relation Unit (GIRU) dihadiri oleh ratusan pemodal ataupun agen dari Singapura.

Business Project Manager Tien Yuan Chemical Pte Ltd, Lee Pau Sheng menerangkan Indonesia adalah negara yang mempunyai potensi besar untuk perkembangan bisnis perusahaan. Apalagi ketika ini Indonesia sedang gencar membangun infrastruktur untuk menunjang perekonomian.

Lee menyatakan, perusahaannya sedang mencari warehouse atau pergudangan skala besar untuk menampung produksi. Tetapi tidak cuma itu, perusahaan juga sedang mencari lahan investasi di kawasan yang ditawarkan oleh investment day hari ini.

Berdasarkan kekerabatan Indonesia, Singapura dan Malaysia tidak dapat dipisahkan. Lee menyebut ketiga negara ini seperti keluarga yang terpisah jauh dan Indonesia merupakan kakak terbesar untuk Malaysia dan Singapura.

Hal ini terefleksi dikala 1998 Indonesia mengalami krisis kedua negara saling menolong untuk kekerabatan yang bagus.

Lee menerangkan dalam berinvestasi di negara manapun pasti mempunyai risiko kepada nilai tukar. Tapi hal yang demikian bukanlah hal yang amat buruk, pasalnya dalam berinvestasi sebuah perusahaan pasti mempunyai visi rentang yang panjang.

Ia menerangkan bahwa tiap pemodal yang berinvestasi utamanya merupakan orientasi bisnis dan menghasilkan uang. Tetapi dalam pelaksanaan making money hal yang demikian juga mesti diimbangi dengan proyeksi kepada risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi.

Sementara itu Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk Singapura Michael Goutama menerangkan Indonesia dikala ini mempunyai pesaing berat untuk menarik pemodal asing.

Tetapi Indonesia telah masuk ke negara yang mempunyai pemerintahan yang pro bisnis dan pro jobs. Kemudian Indonesia juga cukup stabil dalam menjaga iklim politik sampai fundamental ekonomi. Supaya Indonesia dapat lebih berkembang yang semestinya diamati ialah human capital atau sumber daya manusia (SDM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *