Cara Pemrov Genjot Investasi di Jawa Timur

Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus melakukan upaya meningkatkan Investasi di Jawa Timur dengan cara belajar dan mencermati daerah yang memang sudah menjadi salah satu tujuan investasi di Indonesia.

Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM PTSP) Jawa Timur mulai satu tahun yang lalu tepatnya tahun 2017 sudah mulai melakukan kegiatan studi banding di berbagai daerah yang memiliki pertumbuhan investasi tinggi.

Dalam studi banding ini turun langsung kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM PTSP) Jawa Timur Ir Lili Soleh bersama para jajaran melakukan studi banding. Pada tanggal 10/08/2018 rombongan mengunjungi Sulawesi Selatan.

Kunjungan dilakukan selama dua hari dan digunakan untuk mengunjungi kawasan Investasi di Makasar yaitu Bantaeng Industrial Park dan Kawasan Industri Makasar. Kedua kawasan ini menjadi pusat investasi di Sulawesi Selatan. Selama dua hari itu Ir Lili Soleh melihat bagaimana potensi investasi bisa benar-benar digunakan untuk menarik investasi masuk dan apa saja instrument yang terkait.

Investasi di Jawa Timur bisa belajar dari Sulawesi Selatan untuk mengoptimalkan instrument yang bisa menarik investasi masuk. Salah satu kunci kesukesan percepatan investasi di Sulawesi Selatan dan sampai saat ini masih terus diupayakan di Jawa Timur adalah infrastruktur penunjang.

Sebelumnya untuk kegiatan studi banding dalam rangka meningkatkan Investasi di Jawa Timur, Pemprov Jatim  juga telah mengunjungi beberapa daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Lombok. Di beberapa daerah  ini Jawa Timur bisa melihat bagaimana perkembangan investasi dan realisasi investasi bisa benar-benar diserap secara maksimal.

Menurut Lili, Jawa Tengah saat ini mempunyai potensi besar untuk menarik investor menanamkan dananya ke provinsi ini. Sebab, mereka bisa menyediakan insentif yang cukup menarik seperti pembebasan pajak daerah untuk jangka waktu tertentu di kawasan industri yang dikembangkannya.

Berdasarkan data sementara dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM PTSP) Jawa Timur , realisasi Investasi di Jawa Timur selama semester I/2018 mencapai Rp 28 Triliun. Sedangkan target realisasi investasi 2018 Rp 58 Triliun. Untuk memenuhi target yang sudah dicanangkan perlu konsistensi bahwa segala hal yang berkaitan dengan investasi mampu menarik investor menanamkan uangnya di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *