Tiga Bakal Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Ikuti UKK di DPP PKB

Pilkada Gubernur di Kalimantan Utara (Kaltara) nampaknya akan makin memanas dengan tiga nama bakal calon yang saat ini diketahui Tengah mengikuti Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK). Lantas siapa saja sih ketiga bakal calon Gubernur Kalimantan Utara 2024 nanti? Simak sampai selesai, ya!

Tiga kandidat untuk jabatan gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) sedang menjalani Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) di Kantor DPP PKB di Jakarta.

Tiga Bakal Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Ikuti UKK

Herman, Ketua DPW PKB Kaltara, diberitahu tentang hal itu. Mereka adalah Brigjen TNI H. Sulaiman, H. Zainal Arifin Paliwang, dan Yansen Tipa Padan.

Yansen Tipa Padan menjalani UKK pada Senin. Dilanjutkan pada Rabu oleh H. Zainal Arifin Paliwang dan Kamis oleh Brigjen Sulaiman.

“Ada namanya UKK bakal calon gubernur, bupati, walikota se-Indonesia. Pak Yansen jadwalnya hari Senin, pak Zainal jadwalnya hari Rabu, pak Sulaiman jadwalnya hari Kamis,” ucap Herman dikonfirmasi awak media ini, Selasa(28/5/2024).

Menurut Herman, DPP PKB memperdalam visi dan misi bakal calon selama sesi UKK ini. Ini termasuk memeriksa komunikasi yang telah dibuat dengan partai pengusung lainnya dan calon wakil mereka.

Alasannya adalah kemungkinan bahwa surat rekomendasi akan dikirim lebih awal untuk menugaskan calon yang mencari partai atau koalisi.

Nantinya setelah mengikuti UKK, bakal calon menandatangani berita acara semacam yang dilakukan Yansen TP, bukan surat rekomendasi.

Lebih lanjut dijelaskan, sesungguhnya bukan cuma bakal calon Gubernur Kaltara saja, sebelumnya bakal calon bupati serta walikota telah menempuh UKK.

Khusus bakal calon Gubernur Kaltara, Herman membenarkan cuma 3 figur saja yang turut, sesuai yang mengembalikan formulir registrasi.

“3 itu yang mendaftar. Maka itu saja yang dilanjutkan ke DPP,” tutur laki-laki yang terpilih jadi Anggota DPRD Kaltara periode 2024-2029 ini.

Gubernur Ajak Masyarakat Pastikan Diri Terdaftar Sebagai Pemilih dan Memilih

Suasana meriah memberi warna Pengenalan Maskot serta Jingle Pilkada Kaltara 2024 di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat 28 Juni 2024, malam. Aktivitas ini diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara.

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang ikut muncul dalam aktivitas ini bersama beberapa kepala OPD Pemprov. Dalam pidatonya, GUbernur optimistis, semangat serta antusias masyarakat terus terjaga mengiringi kesuksesan tahapan pemilihan Gubernur serta Wakil Gubernur.

Sesuai agenda dan tahapan KPU, pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024.

“Harapannya tentu saja yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat dalam Pilkada dan menekan serta menghapuskan praktik-praktik Pilkada yang tidak sesuai syarat seperti kampanye hitam, politik uang, serta lain sebagainya,” ucapnya.

Dalam peluang ini Gubernur pula mengajak warga memakai hak pilihnya dengan sebaik-baiknya, dan memastikan diri terdaftar selaku pemilih sesuai ketentuan perundang-undangan kepemiluan.