Platform Kripto Indodax Kena Hack, Bappebti Panggil Manajemen untuk Klarifikasi!

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memanggil manajemen PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax) terkait dugaan peretasan pada sistem transaksi aset kripto mereka. Dugaan ini mencuat setelah laporan mengenai adanya gangguan pada salah satu Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK), yaitu platform kripto Indodax, yang menjadi perhatian utama Bappebti.

Kepala Bappebti, Kasan mengungkapkan bahwa pihaknya segera melakukan koordinasi dengan platform kripto Indodax untuk mendapatkan klarifikasi.

“Kami telah memanggil pihak Indodax dan berkoordinasi untuk memastikan dugaan peretasan ini dapat diinvestigasi dengan cepat. Saat ini, Indodax tengah melakukan penyelidikan internal terkait insiden tersebut,” ujar Kasan dalam keterangannya, Kamis (12/9).

Menurut Kasan, Indodax mengambil langkah tegas dengan menutup sementara sistem transaksi mereka secara menyeluruh untuk memastikan keamanan dan integritas data pengguna.

Langkah itu dilakukan guna mencegah kerugian lebih lanjut serta memastikan bahwa sistem kembali beroperasi normal setelah perbaikan.

“Bappebti mengimbau para pelanggan Indodax untuk tetap tenang dan tidak panik. Proses investigasi sedang berjalan, dan kami yakin bahwa Indodax berkomitmen untuk menjaga keamanan saldo kripto maupun rupiah milik penggunanya,” tambah Kasan.

CEO platform kripto Indodax, Oscar Darmawan membenarkan adanya dugaan peretasan pada sistem transaksi platformnya. Ia menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah investigasi dan pemeliharaan sistem untuk memastikan keamanan data dan transaksi.

“Kami pastikan saldo pelanggan, baik dalam bentuk kripto maupun rupiah, tetap aman. Meskipun platform web dan aplikasi kami sementara tidak dapat diakses, kami berkomitmen untuk segera menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan layanan kami ke kondisi normal,” tutur Oscar.

Oscar juga memastikan bahwa pelanggan tidak perlu khawatir dengan situasi yang terjadi, karena semua tindakan preventif telah diambil oleh tim teknis Indodax untuk memulihkan sistem.

Demikian informasi seputar platform kripto Indodax yang tengah kena hack. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Indopreneur.Org.